Limbah Medis adalah sisa-sisa produk baik itu biologis maupun non biologis yang dihasilkan oleh rumah sakit, klinik, puskesmas, maupun fasilitas kesehatan lainnya termasuk laboratorium kesehatan. Limbah medis bisa berupa darah, cairan tubuh, tubuh, maupun alat-alat yang sudah terkontaminasi seperti jarum suntik, kain kasa, selang infus, dan lain-lain.

Apa saja yang termasuk limbah medis?

  1. Limbah Infeksius, adalah limbah yang mengandung darah atau cairan tubuh yang biasanya berasal dari prosedur medis tertentu. Seperti operasi atau pengambilan sampel di laboratorium. Baik darah maupun cairan tubuh, seperti air liur, keringat, dan urine, bisa saja mengandung bakteri, virus, maupun sumber penyakit lain yang bisa menular.
  2. Limbah Patologis, adalah limbah medis yang berupa jaringan manusia, organ dalam tubuh, maupun bagian-bagian tubuh lainnya. Limbah ini biasanya dihasilkan setelah prosedur operasi dilakukan.
  3. Limbah Benda Tajam, pada beberapa prosedur perawatan penyakit, alat-alat yang tajam seperti jarum suntik, pisau bedah sekali pakai, maupun silet yang digunakan.
  4. Limbah Kimia, contoh limbah kimia dari fisilitas kesehatan adalah cairan reagen yang digunakan untuk tes laboratorium dan sisa cairan disinfektan. 
  5. Limbah Farmasi, contoh limbah farmasi di fasilitas kesehatan adalah obat-obat yang sudah kadaluarsa, maupun yang sudah tidak layak konsumsi karena adanya kontaminasi.
  6. Limbah Sitotoksik, adalah buangan atau sisa produk dari barang-barang beracun yang sifatnya sangat berbahaya karena bisa memicu kanker hingga menyebabkan mutasi gen. Contoh : obat untuk kemoterapi.
  7. Limbah Radioaktif, adalah limbah yang berasal dari prosedur radiologi, seperti rontgen, CT Scan, maupun MRI.
  8. Limbah Biasa, sebagian besar limbah medis merupakan limbah biasa yang dihasilkan dari kegiatan harian di fasilitas kesehatan rumah sakit, seperti makanan untuk pasien, bungkus plastik alat medis, dan lain-lain.

Solusi limbah medis ? Alhamdulillah insinerator limbah medis menjadi salah satu solusinya. PT Repro Nusa Jaya, menyediakan jasa memproduksi insinerator yang sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *